Bisnis

Kelebihan dan Risiko Usaha Sewa Motor

Kelebihan dan Risiko Usaha Sewa Motor

Helpsameer – Bisnis rental motor masih menjanjikan untuk saat ini. Apalagi jika lokasi Anda berada di kota-kota wisata seperti Jogja, Bali, Bandung dan lain-lain.

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan utama bagi para komuter di kota-kota wisata. Karena selain irit, mesin juga lebih irit dalam penggunaan terutama dalam hal konsumsi bahan bakar.

Tapi buat traveller, yang utama sewa paling murah! Dibandingkan dengan menyewa mobil, harganya bisa empat kali lebih rendah. Keunggulan ini diapresiasi oleh mereka yang sedang berlibur namun memiliki budget minim.

Mengingat peminatnya yang banyak, sudah sepantasnya menyewa atau menyewa sepeda motor menjadi pilihan bisnis. Berikut ini adalah penjelasan singkat yang perlu Anda ketahui tentang industri persewaan sepeda motor, salah satu bisnis yang paling menjanjikan.

Kelebihan usaha sewa motor

Jika tidak ada keuntungan dan peluang untuk mendapatkan keuntungan, maka tidak ada gunanya membuka usaha. Dalam hal kegiatan kredit sepeda motor ini, pemilik dapat memperoleh beberapa keuntungan.

1. Bisa dijalankan dengan modal yang ringan

Siapa bilang membuka rental motor harus modal besar? Bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis dengan modal minimal. Sewa saja motor pribadi yang Anda miliki sebagai modal awal. Jadi Anda bisa menjalankan bisnis sambil menghemat uang!

Anda juga bisa bekerja sama dengan teman Anda untuk menyediakan sepeda motor untuk disewakan. Nantinya hasil kemenangan bisa dibagi rata.

2. Tidak ada biaya produksi

Berbeda dengan bisnis kuliner atau barang, bisnis jasa tidak membutuhkan biaya produksi yang besar, karena yang dibutuhkan hanyalah modal awal. Namun bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Masih ada pengeluaran lain yang harus dipikirkan, seperti membayar pajak dan layanan rutin bulanan.

3. Bisa dijadikan usaha sampingan

Anda tidak perlu menunggu motor sewaan Anda selama 24 jam penuh. Jadi Anda bisa menjalankan bisnis ini, sambil melakukan pekerjaan lain.

4. Pasti ada saja yang nyewa

Jangan takut kurang peminat, karena pasti akan ada yang menyewakan motor Anda, apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan di kota-kota wisata. Misalnya Jakarta, Jogja, Surabaya, Bandung dan Bali. Bahkan jika tidak ada sewa, Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak!

Risiko bisnis sewa motor

Ada manfaat, tentu ada juga risikonya! Sepeda motor bukanlah sesuatu yang murah, jika Anda menyewanya dari orang lain, Anda mungkin menghadapi beberapa risiko yang mengkhawatirkan Anda.

1. Risiko rusak

Kami tidak dapat memantau sepeda motor sewaan selama 24 jam penuh. Dengan kata lain, kita juga tidak tahu bagaimana lessee menggunakan sepeda motor yang disewa.

Jika mereka peduli, tentu saja, mereka akan menggunakannya dengan hati-hati. Namun banyak juga penyewa yang ugal-ugalan menyetir, jalan berlubang, karena merasa bukan kendaraan sendiri.

Risiko kerusakan akibat kecelakaan juga sangat mungkin terjadi. Untuk mencegahnya, Anda bisa memberi tahu penyewa atau membuat pernyataan kesediaan penyewa untuk membayar ganti rugi jika hal tersebut terjadi.

2. Risiko kehilangan

Selain risiko kerusakan, ada juga risiko kerugian. Ada beberapa kasus majikan penyewa yang menjadi korban penipuan penyewa. Para pelaku sengaja menyewa sepeda motor dengan memberikan identitas palsu dan membawa serta sepeda motor sewaan tersebut.

3. Persaingan ketat

Di sebuah kota, apalagi destinasi wisata, pasti banyak membuka usaha rental motor. Maksud Anda, Anda harus siap menghadapi persaingan ketat antar pengusaha. Selain itu, memikirkan strategi pemasaran untuk dapat menonjol dari yang lain sangat diperlukan.

Lainnya:

Cara merawat motor

Perbedaan Reksadana dan Saham Yang Harus Diketahui

Perbedaan Reksadana dan Saham Yang Harus Diketahui

Helpsameer –┬áProduk investasi yang sangat beragam kerap membuat orang kebingungan sehingga enggan untuk melakukan investasi. Namun perlu dipahami, ketika melakukan investasi, seseorang harus bisa menyesuaikan produk investasi yang akan dipilih dengan profil risiko dari investor yang bersangkutan.

Selain itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, perlu juga dihapami tujuan investasi sekaligus jangka waktu investasi. Contoh produk investasi yang cukup populer yakni reksa dana dan saham.

Risiko Beda reksa dana dan saham yang pertama bisa dilihat dari sisi risiko. Reksa dana cenderung memiliki risiko yang lebih rendah ketimbang saham.

Hal ini dikarenakan reksa dana merupakan produk investasi yang terdiri atas beberapa jenis aset yang telah terdiversifikasi. Diversifikasi tersebut berbeda antar jenis reksa dana. Untuk reksa dana saham, misalnya, terdiri atas beberapa saham yang dikelola oleh manajer investasi.

Begitu pula dengan reksa dana pendapatan tetap yang terdiri atas beberapa produk obligasi atau surat utang.

Sementara, produk reksa dana campuran terdiri atas beberapa saham dan surat utang yang dikelola sedemikian rupa sehingga memberikan return yang baik bagi investor.

Potensi Keuntungan

Perbedaan reksadana dan saham lainnya dapat dilihat dari sisi potensi imbal hasil atau keuntungan yang didapatkan. Karena reksa dana memiliki risiko yang cenderung rendah, maka imbal hasil yang didapatkan tidak akan lebih besar bila dibandingkan dengan saham-saham berkinerja baik.

Reksa dana pendapatan tetap misalnya, bila dibandingkan dengan jenis reksa dana lain, memiliki risiko yang cenderung minimal. Namun demikian, bila dibandingkan dengan saham, imbal hasil yang dihasilkan akan jauh lebih sedikit.

Periode Pencairan

Perbedaan reksadana dan saham juga bisa dilihat dari periode pencairan. Saham cenderung lebih fleksibel karena investor bebas menentukan aksi jual atau beli kapanpun diinginkan. Hal ini berbeda dengan reksa dana yang periode pencairannya beragam, yakni sektiar 1 sampai tiga tahun.

Selain itu, dalam saham investir bebas mengambil keputusan investasi. Berbeda dengan reksa dana, di mana investor dibantu oleh manajer investasi ketika mengambil keputusan investasi.

Meski demikian, dari sisi investasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan riset, saham cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang reksa dana.

Investor saham pun perlu untuk terus update atau memahami isu-isu ekonomi serta industri terbaru. Sebab, hal tersebut berpengaruh terhadap harga saham.

Biaya

Perbedaan lain terletak pada biaya. Karena reksa dana dikelola oleh manajer investasi, maka ada beberapa biaya yang dikenakan, tergantung pada produk reksa dananya.

Misalnya saja, beberapa reksa dana mengenakan biaya ketika investor akan menjual produk tersebut, atau beberapa lainnya mengenakan biaya ketika investor membeli produk reksa dana.

Di sisi lain, ada pula reksa dana yang tak dipungut biaya ketika ditahan dalam waktu tertentu. Dari sisi pajak, reksa dana adalah satu-satunya jenis investasi yang tidak dikenakan pajak secara langsung atas hasil keuntungannya.

Perhitungan pajak dalam reksa dana sudah dibayarkan pada perhitungan nilai aktiva bersih (NAB) yang merupakan selisih dari perhotingan total aset reksa dana (berupa kas, deposito, saham, dan obligasi) dikurangi dengan kewajiban atau beban reksa dana.

Referensi:

aplikasi investasi reksadana

Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Berjalan Lancar Pasca Pandemi

Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Berjalan Lancar Pasca Pandemi

Helpsameer – Tidak dapat dipungkiri bahwa merebaknya virus corona atau COVID-19 secara radikal mengubah hampir setiap aspek kehidupan setiap orang di dunia. Dari sudut pandang ekonomi, pasar saham mencatat kerugian satu hari terbesar dalam sejarah.

Seolah-olah kita berada di perairan yang belum dipetakan dan berapa lama kita akan bertahan di dalamnya tetap tidak pasti. Namun, ada satu hal yang kita semua tahu, bahwa epidemi ini akan mengubah kehidupan setiap orang selama bertahun-tahun atau dekade yang akan datang.

Penerapan protokol kesehatan yang diterapkan selama pandemi Covid-19, hal yang sama berlaku setelah New Normal atau setelah pandemi corona berakhir. Apakah perusahaan Anda siap menghadapi dunia bisnis Normal Baru?

Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mempersiapkan bisnis Anda menghadapi normal baru dan pasca-Covid-19.

1. Munculnya situs web dan alat digital yang ditingkatkan

Banyak bisnis, seperti toko ritel, penata rambut, gudang, pabrik, dan kantor, ditutup dan kantor pusat mereka ditutup dan kekurangan alat teknis untuk bertahan ketika lokasi fisik mereka ditutup.

Oleh karena itu, sangat penting bahwa bisnis tidak hanya bertahan, tetapi berkembang dengan situs web yang ditingkatkan dan alat digital untuk melayani pelanggan mereka. Hal-hal seperti e-niaga di industri yang belum pernah menggunakan e-niaga sebelumnya,

Konfigurasi produk tingkat lanjut, chatbot, dan aplikasi seluler lebih diminati daripada sebelumnya karena bisnis kecil dan menengah bergabung dengan revolusi teknologi dekade baru.

Alat baru ini membantu perusahaan tetap bertahan selama wabah virus dan akan menjadi tren ekonomi makro yang semakin penting karena jarak sosial menjadi praktik umum tidak hanya untuk wabah ini tetapi juga untuk potensi epidemi di masa depan.

2. Masalah keamanan siber menjadi perhatian utama

Keamanan siber sudah menjadi topik penting bagi perusahaan besar dan dengan Peraturan Perlindungan Data Umum UE, Undang-Undang Privasi Konsumen, dan undang-undang privasi lainnya serta segudang berita tentang biaya dan konsekuensi dari pelanggaran data.

Ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh bisnis kecil. Jadi dia terpaksa menghadapinya. Karena jumlah pekerja jarak jauh meningkat selama wabah virus, semakin banyak pelanggaran data dan serangan dunia maya telah diamati.

Karyawan yang menggunakan infrastruktur dan alat pihak ketiga yang tidak dilindungi adalah dua penyebab utama potensi pelanggaran. Gabungkan ini dengan penyimpanan data dan praktik akses yang melanggar undang-undang privasi, seperti telemedicine pada platform yang tidak sesuai dengan HIPAA, dan tiba-tiba kebutuhan akan solusi yang aman menjadi masalah serius.

Selain itu, selama periode sensitif ini, banyak data yang terungkap atau dicuri karena penggunaan platform seperti, misalnya, Zoom. Oleh karena itu, lebih banyak perusahaan akan dipaksa untuk berinvestasi dalam teknologi yang aman, terukur, dan dapat diakses dari jarak jauh.

3. Pertemuan virtual

Peningkatan mengejutkan dalam pertemuan virtual adalah tren yang akan terus berlanjut setelah COVID-19. Meskipun tidak ada pengganti untuk pertemuan tatap muka dan jabat tangan, tren kencan virtual dapat berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

Lebih jauh lagi, ini tidak hanya berlaku untuk dunia bisnis tradisional, tetapi juga untuk banyak aspek lain dalam kehidupan kita, seperti pertemuan dengan dokter, terapis, bankir, dan bahkan penata rambut untuk konsultasi.

Ini akan menjadi penghematan waktu dan biaya yang sangat besar bagi semua pihak yang terlibat. Jadi tren baru yang dimulai sebelum wabah virus akan terus meningkat seiring kita melanjutkan dekade baru ini.

Mempersiapkan tren ini jauh melampaui ruang rapat virtual dan perangkat lunak. Hal-hal seperti brosur digital, kartu bisnis digital, tutorial video, dan informasi situs web lanjutan akan mengikuti tren ini dan menjadi kebutuhan karena bisnis merasa lebih sulit untuk mengirimkan materi secara fisik kepada pelanggan mereka.

Artikel Lain:

Jasa Convert Paypal

Pengertian Reversal Rekening Pada SMS Banking

Pengertian Reversal Rekening Pada SMS Banking

Helpsameer – Ada banyak sekali produk dan layanan yang disediakan dan setiap produk layanan memiliki keunggulannya masing-masing. Sementara itu, layanannya juga lengkap, mulai dari ATM, EDC, mobile banking, Internet banking dan SMS banking.

 

Semua layanan ini akan menyederhanakan operasi perbankan Anda melalui akun BIS Anda yang berhasil dibuka. Mungkin salah satu layanan SMS banking ini bisa menjadi layanan yang sangat sederhana dan membantu nasabah BRI.

 

Karena untuk meningkatkan kepercayaan nasabah, bank BIS telah menerapkan kebijakan notifikasi otomatis melalui SMS Banking. Dimana notifikasi akan dikirimkan kepada klien jika telah terjadi transaksi debit atau kredit dengan nilai nominal tertentu pada rekening BIS miliknya.

 

Namun apakah Anda pernah menerima notifikasi pembatalan di SMS Banking BRI? Atau cvv kartu debit bri? Tentunya bagi nasabah BRI yang sudah lama menggunakan rekening BRI dan mengalami berbagai kendala, dikirimkan rollback SMS. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan reversal pada SMS Banking BRI? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Arti Reversal di BIS SMS Banking

Yang dimaksud dengan reversal dalam SMS Banking BRI sendiri adalah SMS notifikasi atau notifikasi yang dikirimkan oleh BRI ke nomor nasabah yang terdaftar di layanan SMS Banking karena terjadi kesalahan transaksi, transfer atau tarik tunai di ATM otomatis.

 

Dimana pemberitahuan kebijakan pembatalan bank melalui SMS akan berlangsung secara otomatis. Dimana pemberitahuan akan dikirim ke klien BIS jika transaksi di atas nilai nominal Rs 500.000 di rekening tabungan BIS mereka gagal.

 

Penyebab inversi LBBB

Selain pengertiannya, banyak dari Anda yang terkadang bertanya-tanya mengapa transaksi reversal atau refund itu terjadi. Adapun transaksi gagal itu sendiri, ada beberapa faktor yang menyebabkannya, seperti:

 

Terjadi kesalahan saat memasukkan nomor rekening tujuan.

Keluar dari komputer terjadi karena kesalahan sistem dan proses yang membuat transaksi tidak dapat dilanjutkan.

Di luar atau telah terjadi transaksi dengan target nomor yang berada di luar area (cluster).

Terjadi pembatalan transaksi.

Adanya gangguan dari pihak provider, baik itu kegagalan software, hardware maupun koneksi internet.

 

Aplikasi pembalikan SMS BIS

Setelah mengetahui apa sebenarnya arti reversal pada layanan BIS SMS banking sebelumnya. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang pembalikan bank SMS BIS.

 

  1. Berapa saldo akun aman?

Aman. Dalam hal ini, nasabah BRI tidak perlu khawatir saldo terganggu akibat notifikasi SMS Banking. Setelah itu, uang/saldo secara otomatis akan dikembalikan ke rekening tabungan. Misalnya saat melakukan tarik tunai, saldo berkurang, uang tidak keluar, Anda bisa menanyakannya ke call center BIS.

 

  1. Berapa lama pembalikan BRI berlangsung?

Umumnya kurang dari 2-5 menit dan paling lama bisa sampai 30 menit. Namun yang pasti, Anda bisa mengecek saldo secara rutin.

 

  1. Apakah pembatalan SMS Banking dikenakan biaya?

Ya, pelanggan akan dikenakan biaya. Dimana komisi ini akan dipotong langsung dari saldo akun per bulan.

 

  1. Apakah notifikasi SMS reverse BRI bisa dinonaktifkan?

Mereka bisa. Notifikasi SMS Banking dapat dinonaktifkan atau ukuran transaksi minimum untuk input SMS Banking dapat diubah. Caranya adalah dengan menghubungi call center BIS atau langsung ke cabang BIS terdekat.

 

Demikian informasi mengenai pengertian reversal dalam SMS Banking BRI dapat disajikan. Semoga pembahasan pengertian rollback SMS Banking BRI diatas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan atau menerima notifikasi serupa dan tidak mengetahui artinya.